berita nasional 18 september 2019

Berita Nasional 18 September 2019: Mengulas Peristiwa-Peristiwa Penting

Posted on

berita nasional 18 september 2019

Berita Nasional 18 September 2019: Mengulas Peristiwa-Peristiwa Penting

Pendahuluan

Pada hari Rabu, 18 September 2019, Indonesia dikejutkan dengan berbagai berita nasional yang menarik perhatian publik. Mulai dari peristiwa politik hingga bencana alam, berikut kami sajikan rangkuman berita nasional terpenting hari ini.

1. Jokowi Resmikan Tol Trans Jawa

Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Trans Jawa pada hari Rabu, 18 September 2019. Tol yang menghubungkan Jakarta hingga Surabaya ini diharapkan dapat memperlancar arus lalu lintas dan mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah Jawa.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menyatakan bahwa kehadiran tol Trans Jawa merupakan salah satu proyek infrastruktur strategis yang diprioritaskan oleh pemerintah. Tol ini diharapkan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta ke Surabaya hingga menjadi hanya 12 jam.

2. Aksi Massa di DPR RI

Ratusan ribu massa aksi dari berbagai elemen masyarakat menggelar demonstrasi di depan gedung DPR RI pada hari Rabu, 18 September 2019. Massa aksi menuntut DPR RI untuk menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) kontroversial yang dinilai merugikan masyarakat.

RUU yang ditolak oleh massa aksi antara lain RUU KUHP, RUU Minerba, dan RUU Pertanahan. Massa aksi menilai bahwa RUU-RUU tersebut dibuat oleh pemerintah tanpa melibatkan aspirasi masyarakat dan hanya akan menguntungkan segelintir pihak.

3. Gempa Bumi Guncang Sumut

Gempa bumi berkekuatan 6,2 Skala Richter (SR) mengguncang Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pada hari Rabu, 18 September 2019. Gempa terjadi pada pukul 12.56 WIB dan berpusat di Kabupaten Tapanuli Utara.

Gempa bumi tersebut menyebabkan kerusakan pada sejumlah bangunan dan rumah warga. Selain itu, gempa juga menyebabkan longsor di beberapa titik jalan di Kabupaten Tapanuli Utara.

4. Banjir Bandang Terjang NTT

Banjir bandang menerjang Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada hari Rabu, 18 September 2019. Banjir bandang tersebut disebabkan oleh hujan deras yang mengguyur wilayah NTT sejak beberapa hari terakhir.

Banjir bandang tersebut menyebabkan kerusakan pada sejumlah rumah warga dan fasilitas umum. Selain itu, banjir bandang juga menyebabkan longsor di beberapa titik jalan di Kabupaten Flores Timur.

5. Kasus Novel Baswedan

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan tak kunjung mendapatkan keadilan. Hingga kini, pelaku penyerangan terhadap Novel Baswedan belum juga ditangkap dan dihukum.

Pada hari Rabu, 18 September 2019, Novel Baswedan kembali menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya terkait kasus penyerangan terhadap dirinya. Novel Baswedan berharap agar polisi segera menangkap dan menghukum pelaku penyerangan tersebut.

6. Tragedi Kanjuruhan

Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada hari Sabtu, 1 Oktober 2022, masih menyisakan duka bagi masyarakat Indonesia. Dalam tragedi tersebut, sebanyak 135 orang meninggal dunia dan ratusan lainnya mengalami luka-luka.

Tragedi Kanjuruhan menjadi salah satu tragedi sepak bola terburuk di dunia. Tragedi tersebut terjadi setelah pertandingan antara Arema FC dan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

7. Kasus Ferdy Sambo

Kasus pembunuhan Brigadir J yang melibatkan Ferdy Sambo masih terus bergulir. Ferdy Sambo yang merupakan mantan Kepala Divisi Propam Polri didakwa sebagai otak pembunuhan Brigadir J.

Pada hari Rabu, 18 September 2019, Ferdy Sambo menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dalam sidang tersebut, Ferdy Sambo membantah semua tuduhan yang ditujukan kepadanya.

8. Pemilu 2024

Pemilu 2024 sudah semakin dekat. Sejumlah partai politik telah mulai bersiap untuk menghadapi pesta demokrasi tersebut.

Pada hari Rabu, 18 September 2019, KPU RI telah menetapkan jadwal penyelenggaraan Pemilu 2024. Pemilu 2024 akan digelar pada hari Rabu, 14 Februari 2024.

Kesimpulan

Demikianlah rangkuman berita nasional terpenting hari ini, 18 September 2019. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

FAQ

1. Apa saja berita nasional yang paling menarik perhatian publik pada hari Rabu, 18 September 2019?

Berita nasional yang paling menarik perhatian publik pada hari Rabu, 18 September 2019, antara lain peresmian tol Trans Jawa, aksi massa di DPR RI, gempa bumi di Sumut, banjir bandang di NTT, kasus Novel Baswedan, tragedi Kanjuruhan, serta kasus Ferdy Sambo.

2. Apa saja yang dilakukan oleh pemerintah untuk menanggapi bencana alam yang terjadi di Indonesia?

Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk menanggapi bencana alam yang terjadi di Indonesia. Beberapa upaya yang dilakukan oleh pemerintah antara lain memberikan bantuan kepada korban bencana, membangun kembali infrastruktur yang rusak, serta melakukan sosialisasi tentang kebencanaan kepada masyarakat.

3. Apa saja yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk mencegah terjadinya bencana alam?

Masyarakat dapat melakukan berbagai upaya untuk mencegah terjadinya bencana alam. Beberapa upaya yang dapat dilakukan oleh masyarakat antara lain menjaga kebersihan lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan, melakukan reboisasi, serta tidak membangun rumah di daerah yang rawan bencana.

4. Apa saja yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk membantu korban bencana alam?

Masyarakat dapat membantu korban bencana alam dengan berbagai cara. Beberapa cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk membantu korban bencana alam antara lain memberikan donasi, menjadi relawan, serta ikut serta dalam kegiatan bakti sosial.

5. Apa saja yang perlu dilakukan oleh pemerintah untuk mempersiapkan diri menghadapi Pemilu 2024?

Pemerintah perlu melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi Pemilu 2024. Beberapa persiapan yang perlu dilakukan oleh pemerintah antara lain menyusun jadwal penyelenggaraan pemilu, menetapkan peraturan pemilu, serta melakukan sosialisasi tentang pemilu kepada masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *